SitusOke ! com. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Kamis, 01 Mei 2014

Keluhan Talent Terhadap Talent Agency

01.22 - By SitusOke 0

masalahSehubungan dengan adanya pertemuan antar agency talent, khususnya bergerak dibidang periklan, saya mencoba menfasilitasi menyediakan ruang untuk mengutarakan uneg-unegnya (talent khususnya). Walaupun saya juga seorang agency namun memposisikan sebagai penulis, hehe. Berikut beberapa keluhan talent:

Saya waktu itu datang jam 2 siang casting iklan , di sekitar Kemang . Itu Antrinya lama banget ampe 5 jam baru masuk. Saya dtg jam 3 sore jam 8 malam baru masuk ruang casting , emg sih itu penuh banget yah banyak yg dtg Tp ternyata itu banyak yg titip2 absen gtu jd yg baru dateng dia bisa lgsg masuk gtuu ga tunggu lama2 ...

 -- N N, orang tua talent --


Ke tidak profesionalan Agency dlm bekerja  spt halnya :
1. Tidak ikut merasakan betapa repotnya seorang Model saat proses-proses pra shooting seperti Workshop, Fitting, dll terkadang keberadaan Agency tidak pernah ada dilokasi pada saat itu sehingga sang model merasa dilepas begitu saja dengan segala beban yang dihadapi.

2. Tidak pernah membangunkan atau bahkan mengingatkan tentang jadwal shooting pada satu hari sebelum shooting kebanyakan asisten Talco yg melakukan ini setidaknya sebagai tanggungjawab moril Agency harus juga melakukan ini paling tidak menanyakan kesiapan dan kondisi kesehatan sang model.

3. Terkadang Agency tidak berani melakukan negosiasi kepada pihak Talco terkait dengan adanya penambahan Materi Iklan sehingga Talent merasa dirugikan secara Financial atau bahkan adanya overtime pada saat shooting pada hari H. Atau bahkan adanya pembatalan shooting pada saat sang Model sudah berada dilokasi Shooting tapi karena suatu dan lain hal Model tersebut tidak jadi terpilih / terpakai pada saat shooting padahal dia sudah menandatangani Talent Realese bermaterai cukup. (Terkesan Agency takut kalau tidak di Calling / diberi Job Oleh Talent Co).

4. Pemotongan Fee sebesar minimal 25% adalah hal yg sangat memberatkan Talent karena terkadang Talent juga masih menanggung PPh sebesar 2,5% s/d 5% betapa itu sangat memberatkan beban financial Talent yg sudah bekerja keras dari mulai proses Pra Shooting, shooting dan pasca shooting betapa bisa dibayangkan nikmatnya sebagai agency yang mungkin terkadang hanya duduk manis tapi dapat uang yang tidak sedikit dari hasil kerja keras seorang model. FEE Agency (25%) yg kami anggap terlalu berat sementara kami juga hrs menanggung PPh mungkin seperti apa yg pernah saya tahu dan pernah saya alami dulu-dulu yg namanya PPh seorang Talent itu sudah ditanggung oleh PH yg diperhitungkan dalam biaya produksi.

5. Terkadang ada Agency/asistennya yang tidak datang pada saat modelnya bekerja padahal itu sudah menjadi kewajibannya mengurus dan menservis modelnya atas apa yg dia dapatkan dari modelnya (FEE) walau memang ada beberapa PH yg tidak mengharuskan hal tersebut paling tidak menginformasikan sebelumnya kepada talent yang bersangkutan.

6. Sudah saatnya para Agency Profesional membayar Cash atas jasa pekerjaan Modelnya atau paling tidak memberikan kompensasi tertentu seperti DP atau pengganti transport yang nantinya akan diperhitungkan dengan pemotongan FEE Agency karena mengingat sang Model juga sudah mengeluarkan biaya-biaya saat proses pra dan pasca shooting.

7. Menjaga ketertiban saat dilaksanakan Casting, Re-Cast Dll dengan tidak mendahulukan talent yang baru datang sementara talent yang lain tertib mengantri menunggu giliran dipanggil (terkesan seperti calo karcis bis malam diterminal) Kecuali kalo dipanggil langsung oleh Caster atau Talent Co (URGENT)

8. Agency tidak pernah memperhatikan adanya hak-hak hukum seorang Talent karena selama ini Talent tidak pernah diberikan foto copy Talent Realese dan atau Perjanjian Kontrak yg telah ditanda tangani oleh pihak-pihak terkait sehingga hal tersebut bisa melemahkan hak-hak Talent secara Hukum jadi berhubung Model Agency ikut menandatanganinya maka sudah seharusnya pihak Agency mempunyai salinannya dan diberikan juga kepada Talent yang bersangkutan.

Mungkin itu baru beberapa hal dari begitu banyak harapan seorang Model atau Talent atas apa yg dia dapat dari Agency-nya yg notabene menjadi perwakilan dirinya di Production House


Demikian yg bisa saya sampaikan semoga hal ini bisa membuka wawasan para Agency terhadap permasalahan yg dihadapi para Talent / Model saat ini dan dapat meningkatkan Profesionalisme kinerja para Model Agency.


 -- VB, Talent --



Saya sebagai ortu agak kapok antar Athaya casting, padahal Athaya selalu menanyakan kapan casting lagi. Terakhir casting di Zikabento Kemang belakang KFC, itu ada salah satu Agency SANGAT MENYEBALKAN!!!!!! Bukan masalah cape antrinya.....tapi cape melihat kecurangan dari para agencynya. Terakhir ikut casting, sampe agency yang aya pakai bicara langsung sama agennya supaya antri.

Ampe kapan pun akan saya ingat mukanya, semua cara di halalkan untuk menservice talentnya supaya bisa segera masuk ke dalam ruang casting. Please laaah kalau memang belum rejekinya, mau gimana pun caranya tetap aja ga akan dapat.

Hal yang di lakukan agency tersebut :

1. Biasanya agent info via BBM mengenai info casting, buka casting jam 11.00 - 17.00 WIB. Saya datang dari jam 09.30, belum ada absen apapun, masih sepiiii. Cuma ada beberapa agency. Jam 10.30 akhirnya ada absesi, Athaya di urutan ke 11. Sampai dengan jam 13.30 Athaya belum di panggil ke dalam untuk di casting. Tiba-tiba.....datang talentnya jam 13.00, tapi bisa-bisanya tanpa absen, si talent langsung masuk ke dalam ruang casting, alasannya sudah datang dari jam 09.00. Agent brengsek langsung menyambut si talent , mengawal si talent untuk segera masuk kedalam ruang casting!!!!!!
Sementara talent lain yang SUDAH tertib datang dari awal & sudah absen harus menunggu cukup lama gara2 si Agency memasukkan talentnya. Ya saya seeh cuma bisa berdoa, smoga bukan rezeky si Talent & si Agent.

2. Agent Licik pindah ruangan, Pada awal datang di info casting di lantai 2 ruangan yang paling pojok. Setelah menunggu lama.... tau-tau ruangan berubah, tanpa ada pemberitahuan ke talent-talent yang sudah menunggu dengan sabar. Ternyata ada Agency yang sudah membajak ruangan & memasukkan talent nya dulu untuk di casting, lalu tiba2 si caster pindah ruangan. Waaaaah ini lah yang akhirnya membuat saya pribadi ....KAPOK antar anak ikut casting. Karena ya yg curang dari agencynya itu sendiri. Sangat tidak mendidik talent untuk belajar tertib.

Talent itu kan bagaimana agentnya.

Semoga hal ini bisa membawa perubahan untuk agency, sehingga tidak membuat kapok para talent & yang penting ada wajah-wajah baru untuk talent, jadi yang masuk iklan ga hanya wajah2 lama yang sudah sering wara wiri di TV. Semoga ada kesempatan untuk wajah baru mengisi dunia periklanan.

-- Orang Tua Athaya --


Demian beberapa keluhan talent terhadap para agency talent, semoga bisa menjadi perhatian dan menjadi lebih baik

About the Author

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Follow me @Bloggertheme9
View all posts by admin →

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

0 komentar:

Latest News

Blogroll

© 2014 Info dan Bisnis Sekitar Kita. Distributed By MyBloggerThemes | Design By Bloggertheme9
Powered By Blogger.
back to top